Tuesday, May 6, 2008

Macam - macam Diet (y-Free Diet)

y-Free Diet

Diet yang hampir mirip diet makrobiotik ini menempatkan susu pada urutan pertama pantangan. Kondisi ini justru malah menciptakan pola makan rendah kalsium. Padahal kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh sepanjang hayat.

Diet ini sangat rendah asupan kalsium. Tak heran jika pelakunya rentan terserang osteoporosis. Fungsi vital kalsium yang lain adalah membantu mengatur detak jantung, pertumbuhan otot, mencegah penggumpalan darah, membantu merangsang syaraf, membantu kontribusi enzim, membantu mempertahankan penyerapan zat-zat gizi ke tulang dan gigi. Jadi, bila tubuh kekurangan kalsium, tak hanya osteoporosis yang datang, risiko fatal seperti gangguan detak jantung dan gangguan rangsang saraf juga membayangi

Aturan mainnya

Makanan seperti beras putih, pasta, roti, protein hewani seperti telur dan susu, serta semua makanan berlemak adalah pantangan saat menjalani diet ini. Untuk menggantinya, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum, buah-buhan, sayuran, dan produk-produk yang mengandung omega 3 dalam jumlah terbatas.

Disarankan jika Anda mengurangi konsumsi produk susu sekitar 50% setiap harinya disarankan untuk menggantinya dengan jenis makanan lain makanan yang berasal dari kacang-kacangan dan biji-bijian ataupun produk dari kedelai.

Contoh menu:

Untuk sarapan Anda bisa memilih oatmeal yang diseduh air panas tanpa tambahan apapun. Sedangkan untuk makan siang, tahu kukus serta salad buah yang diperciki minyak zaitun. Sedangkan menu makan malam adalah ikan dikukus ditambah brokoli dan wortel.

home

No comments: