Tuesday, May 6, 2008

Macam - macam Diet (Cabbage-Soup Diet)

Cabbage-Soup Diet

Ini adalah jenis diet yang menganjurkan agar pelakunya mengonsumsi sup kubis selama tujuh hari. Dalam tujuh hari tersebut, pelaku diet hanya boleh menyertakan makanan yang tertentu yang dikonsumsi dengan sup, seperti; nasi dari beras putih atau merah. Diet jenis ini memusuhi semua produk gula, susu, lemak, dan semua makanan yang digoreng

Resep yang mereka konsumsi bisa bervariasi namun tetap harus menyertakan sayuran seperti kubis, bawang, serta tomat, ataupun hanya mengonsumsi sup bawang dengan jus tomat.

Meski diet ini dapat menurunkan berat badan secara cepat, sayangnya banyak pelaku diet yang mengalami kekurangan vitamin serta mineral penting. Jika diet ini dilakukan dalam waktu yang lama, maka pelaku diet akan menderita rasa mual, pusing, masalah pada ginjal, mengalami konstipasi (susah buang air besar), bahkan yang terparah Anda akan mengalami osteoporosis dini.

Diet ini boleh saja dilakukan asalkan Anda mengikuti aturan main yang dianjurkan, yaitu;

Hanya boleh dilakukan dalam waktu dua minggu.

Cobalah untuk mengonsumsi sup kubis buatan sendiri agar kandungan gizinya bisa Anda penuhi dari bahan-bahan yang dipilih.

Aturan main The Cabbage Soup Diet:

Selain mengonsumsi sup kubis, ada bahan makanan lainnya yang boleh dikonsumsi sebagai makanan pendamping. Yaitu:

Hari 1; Anda hanya boleh mengonsumsi buah-buahan, kecuali pisang.

Hari 2; Anda hanya boleh mengonsumsi sayuran yang direbus. Pada saat makan malam Anda boleh menambahkan kentang panggang dengan olesan mentega.

Hari 3; Anda hanya boleh mengonsumsi segala macam buah dan sayuran, kecuali kentang dan pisang.

Hari 4; Anda hanya boleh mengonsumsi pisang dan susu tanpa lemak. Untuk pisang dalam sehari Anda tidak boleh lebih dari empat buah.

Hari 5; Dalam sehari Anda hanya boleh mengonsumsi enam buah tomat buah serta 450 gram daging sapi.

Hari 6; 450 gram daging sapi dan sayuran rebus.

Hari 7; Sup kubis boleh dikonsumsi dengan beras merah, jus buah, dan sayuran rebus

Kelemahan: Tubuh kurang mendapat vitamin dan mineral. Dampaknya pendiet akan merasa lemas, tidak bergairah, sering diserang mual dan pusing. Jika terus berlanjut kemungkinan akan bermasalah pada ginjal, bahkan akan terserang osteoporosis dini.

No comments: