Tuesday, May 6, 2008

Macam - macam Diet

Zone Diet

Diformulasikan oleh Dr. Barry Sears, seorang peneliti dibidang kesehatan dari The Boston University School of Medicine, Amerikat Serikat. Selama 25 tahun mengabdikan hidupnya bagi dunia kesehatan, diet zona merupakan 'desain' dietnya yang paling popular.

Diet yang juga bagus dilakukan bagi penderita diabetes ini menganjurkan bagi pelakunya agar makanan yang dikonsumsinya mengandung 40% karbohidrat, 30% protein dan 30% lemak tak jenuh dalam setiap sajinya. Dengan komposisi makanan tersebut, selain tubuh dapat menyimpannya sebagai energi, kadar insulin dalam darah Anda pun tetap terkontrol. Jika dilakukan secara teratur, berat badan Anda dapat turun hingga 1,5 kg selama seminggu.

Untuk menghitung komposisi menu, Dr. Barry Sears menyediakan layanan proporsional yang disusun sendiri olehnya.

Tapi, selalu memikirkan apa yang harus Anda makan dan yang tidak boleh dimakan akan membuat Anda menjadi terlalu obsesive terhadap makanan. Selain itu, mengatur keseimbangan makan, selalu menghitung dan mengukur makanan yang akan Anda konsumsi dapat membuat Anda merasa rumit dan stres.

Jika terputus di tengah 'jalan', maka Anda akan dibuat semakin ingin makan, akhirnya Anda akan over-eating (makan dengan berlebihan). Kondisi ini jelas akan membuat berat badan Anda menjadi naik lagi, bahkan lebih berat dari yang sebelumnya. Diet ini juga harus terus dilakukan, jika Anda menghentikannya maka tubuh Anda akan mengalami kesulitan merespon rasa lapar.

No comments: